Cari Blog Ini

Rabu, 29 Agustus 2012

Samsung dan Android Melanjutkan Pembangunan ‘Galaxy Technology’, Microsoft Tidak Mau Ketinggalan




Perhelatan IFA 2012 di Berlin belum genap satu hari dibuka namun tampaknya puncak dari acara tersebut telah ‘dicuri’ oleh Samsung Electronics. Meskipun beberapa hari lalu pukalan keras dari Apple melalui pengadilan Amerika Serikat cukup membuat saham Samsung menurun, tampaknya kini perusahan teknologi asal negeri ginseng tersebut telah mendapatkan kembali tangga menuju puncak. Mata ribuan penonton dan jurnalis yang hadir dalam IFA 2012 Berlin (29/8), benar-benar ‘disihir’ dengan kehadiran dua gadget terbaru besutan Samsung dan si robot hijau Android. Tidak lain adalah Samsung Galaxy Note II yang kehadirannya semakin makin memantapkan jati diri dan medefinisikan phone-tablet, serta Samsung Galaxy Camera yang tampaknya akan menjadi ancaman serius bagi Nokia PureView.

Dari segi tampilan luar, sang penerus tidak banyak mengalami perubahan dibandingkan pendahulunya, Galaxy Note. S-Pen yang dihadirkan jauh lebih presisi, dan memiliki sensifitas tekanan yang luar biasa, dan sedikit lebih tebal, tetapi body Note II secara keselurah sedikit lebih tipis. Dalam hal display, Note II mulai menggunakan layar Super AMOLED HD, lebih besar 2”, tetapi resolusinya sedikit berkurang dibandingkan generasi sebelumnya. Layar Dapur pacu Galaxy Note II banyak yang diadaptasi dari Galaxy SIII, hanya mengalami penigkatan RAM menjadi 2GB. Dalam hal perangkat lunak, Note II mulai menerapkan kemampuan multitasking, dan air view yaitu kemampuan untuk menampilkan sebagian deskripsi dari foto, plan, atau e-mail cukup dengan mendekatkan S-Pen di atas item yang diinginkan tanpa menyentuh item tersebut. 
Dengan basis, Samsung Galaxy SIII yang cukup sukses, Samsung menghadirkan Galaxy Camera salah satu kamera berplatform android. Tidak seperti nokia 808 pureview yang memiliki resulusi hingga 41MP, Galaxy Camera hanya memiliki memiliki resolusi 16MP, tetapi dengan kemampuan optical zoom hingga 21 kali. Pernah melihat foto berikut?

Mengkin kita berpikir bahwa untuk mendapatkan hasil seperti gambar tersebut kita harus menggunakan kamera DSLR seperti yang dimiliki para professional photographer. Jangan kaget, karena dengan teknologi Smart Pro yang ditanamkan pada Galaxy Camera, kita bisa menghasilkan foto seperti itu. Feature Smart Pro juga memungkinkan kita menangkap image dari benda yang bergerak secara lebih baik. Teknologi Smart Pro menjadikan siapapun yang menggunakan Galaxy Camera akan mudah untuk menghasilkan foto, layaknya foto yang dibuat seorang profesional.  
Anda dapat menggunakan perintah suara untuk mengambil gambar, mengatur zoom, bahkan mengatur timer. Anda juga dapat langsung mengatur folder, memberi tag atau bahkan mengedit foto pada Galaxy Camera. Dengan Bluetooth 4.0, WiFi, 3G/4G, sharing foto kepada perangkat lain, facebook, atau blog pribadi, mejadi hal yang mudah.
Kedua gadget baru ini benar-benar memperkuat Galaxy series yang dibangun Samsung bersama Android. Jika Anda ingin menggunakan smarphone dan dompet, Galaxy Nexus dan Galaxy SIII rajanya. Saat Anda membutuhkan note, Galaxy Note II siap anda coret-coret. Saat Anda membutuhkan Table, Galaxy Tab dan Galaxy Note 10.1 siap menemani. Jika anda membutuhkan proyektor, Samsung pun telah menyediakan Galaxy Beam bagi Anda. Bahakan saat Anda membutuhkan mp3, portable console game sekaligus video player yang cukup lega, sudah ada Galaxy Player. Kini Samsung telah menyediakan SMART TV yang dapat dikendalikan dari HP Android Anda, bukan tidak mungkin kedepan Samsung akan segera meluncurkan TV ber-platform Android, seperti halnya RF4289HARS (lemari pendingin Samsung yang dilengkapi dengan Android operating system).
Microsoft tidak tinggal diam melihat kesuksesan Samsung bersama Android. Walaupun Nokia sering dianggap sebagai ‘anak emas’ dalam pembangunan Windows operating system, Microsoft nampaknya mulai mencoba peruntungan dengan mengikut sertakan Samsung dan beberapa produsen gadget lainnya. Hal ini terbukti dengan diluncurkannya smartphone pertama di dunia yang menggunakan Windows Phone 8 OS adalah Samsung ATIV S, meskipun Windows 8 belum dirilis secara resmi oleh Microsoft. Pada perhelatan IFA 2012 ini juga Samsung telah meluncurkan tablet (Samsung ATIV Smart PC dan Samsung ATIV Smart PC Pro) beserta ultrabook (Samsung 9 Series terbaru), yang semuanya berjalan pada windows 8.
Dengan Windows 8, Microsoft berusaha untuk menyamakan kernel yang digunakan baik pada smartphone yang menggunakan prosesor ARM maupun pada PC yang menggunakan prosesor Intel. Microsoft berusaha untuk menyatukan para developer, agar kelak aplikasi pada PC dapat dijalankan dengan baik juga pada smartphone. Namun Windows 8 ini bersifat tertutup sehingga untuk menginstall aplikasi Anda harus mengambilnya melalui marketplace dan Windows wajib mendapatkan sebagian dari keuntungan penjualan aplikasi tersebut.
Melihat arah pergerakan Microsoft ini, maka Android sebagai penguasa ‘pasar’ open source tampaknya mulai berusaha untuk berdamai dengan saudara dekatnya,  Linux, untuk mengembakan dan mempertahankan ‘pasar’ open source. Tampaknya perkembangan dan peperangan di industri teknologi ini akan semakin menarik.

0 comments:

Posting Komentar